38 Perusahaan Raih ESG Awards 2020

Rabu | 18 November 2020


38 Perusahaan Raih ESG Awards 2020

JAKARTA – Sebanyak 38 perusahaan meraih penghargaan dalam keterbukaan pengungkapan ESG (Environment, Social & Governance). Penghargaan itu diberikan Majalah Investor – Berita Satu Media, bekerja sama dengan Bumi Global Karbon Foundation.

Pendiri Bumi Global Karbon Foundation (BGKF) Achmad Deni Daruri mengatakan ESG Awards 2020 ini mengacu pada penilaian pengungkapan tahun 2019. ESG Awards yang baru pertama kali diadakan ini, dimaksudkan untuk memotivasi perusahaan agar makin peduli pada lingkungan, sosial dan tata kelola perusahaan yang baik. “Kita mengapresiasi perusahaan yang memiliki concern pada isu ESG, yang sudah merupakan isu global,” ujar Deni dalam acara ESG Awards 2020 secara virtual, Selasa (17/11/20).

Direktur Pemberitaan Berita Satu Media Holdings Primus Dorimulu menambahkan, ESG merupakan isu penting yang perlu diperhatikan perusahaan demi keberlanjutan perusahaan ke depan dan keberlangsungan kehidupan di dunia. “Kepedulian pada ESG merupakan ciri perusahaan modern,” kata Primus.

Dalam ESG Awards 2020, pengungkapan ESG BUMN Bank terbaik diraih PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI), dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN). BRI juga meraih penghargaan pada kategori pengungkapan Environment (E), bersama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, dan BTN. Begitu juga pada kategori pengungkapan Social (S), dan Governance (G).


Pengungkapan ESG BUMN NonBank terbaik diraih PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN), PT Pupuk Indonesia (Persero), dan PT Pertamina (Persero). PGN juga menerima penghargaan pada kategori pengungkapan E, bersama Pupuk Indonesia dan Pertamina. Pada kategori pengungkapan S, PGN memperoleh penghargaan bersama Pertamina dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Sedangkan, pada kategori pengungkapan G, PGN mendapat penghargaan bersama Pupuk Indonesia dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Penghargaan juga diberikan kepada emiten di 11 sektor. Untuk emiten sektor perbankan, penghargaan ESG diberikan pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk, BRI, dan PT Bank CIMB Niaga Tbk. Untuk emiten sektor pertambangan, penghargaan ESG diberikan kepada PT Bumi Resources Tbk, PT Timah Tbk, dan PT Aneka Tambang (Persero) Tbk. Sektor konstruksi (PT Total Bangun Persada Tbk, PT Wijaya Karya Tbk, PT Waskita Karya Tbk), sektor perdagangan hanya diberikan pada PT United tractor Tbk, sektor industri dasar (PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, PT Wijaya Karya Beton Tbk), dan sektor infrastruktur (PGN, Jasa Raharja).

Untuk emiten sektor aneka industri, penghargaan ESG juga hanya diberikan pada satu emiten, yaitu PT Astra International Tbk. Sedangkan, sektor pertanian & peternakan (PT Austindo Nusantara Jaya Tbk, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk, PT Astra Agro Lestari Tbk), sektor farmasi & keperluan rumah tangga (PT Unilever Indonesia Tbk, PT Kalbe Farma Tbk), dan sektor investasi (PT ABM Investama Tbk).

Untuk bank, dibagi lagi dalam kategori bank kegiatan usaha (BUKU) IV, III, dan II. Penerima penghargaan ESG bank buku IV adalah BRI, CIMB Niaga, dan Bank Central Asia. Bank buku III (Bank BJB, Bank Syariah mandiri, BNI Syariah), bank buku II (Bank Sulselbar, BPD Sulawesi Utara Gorontalo, BPD Aceh).

Selain itu, ada 11 emiten LQ45 mendapat penghargaan khusus karena kepeduliannya pada keterbukaan pengungkapan ESG. Ke-11 emiten itu adalah Astra Internasional, Bank BCA, Bank BNI, Bank BRI, Indocement Tunggal Prakarsa, Indo Tambangraya Megah, Bukit Asam, Japfa, Comfeed, Pembangunan Perumahan (PP), Bank BTN, dan Bank Mandiri.

 

Sumber: beritasatu.com
 


 Kembali