5 Tips Menjaga Keuangan Tetap Stabil Selama Libur Natal dan Akhir Tahun

Senin | 23 Desember 2019


5 Tips Menjaga Keuangan Tetap Stabil Selama Libur Natal dan Akhir Tahun

JAKARTA – Tak terasa natal dan tahun baru hanya tinggal menghitung hari.

Di antara banyaknya diskon natal dan akhir tahun, diimbangi dengan tambahan dana segar dari Tunjangan Hari Raya (THR) dan juga bonus yang umumnya juga akan diberikan perusahaan bagi karyawannya, bagaimana tips untuk mengatur keuangan agar tetap terkendali?

Dikutip dari The Epuch Times, Rachel Cruze, seorang praktisi keuangan yang juga pembawa acara The Rachel Cruze memberikan beberapa tips untuk menjaga keuangan Anda tetap stabil di musim liburan saat ini

1. Tetapkan budget

Salah satu kesalahan umum yang paling sering orang dilakukan sepanjang masa liburan adalah tidak menentukan budget dalam kurun waktu liburan.

Tanpa menentukan budget, akan sangat mudah untuk mengeluarkan uang. Misalnya Anda tahu sudah membeli makanan untuk dikonsumsi keluarga besar, tapi Anda lupa untuk menyiapkan hadiah natal atau tahun baru untuk keluarga Anda.

Maka dari itu, penting untuk menentukan daftar belanja dalam secarik kertas atau note di smartphone Anda agar Anda tidak kalap dalam berbelanja. 

2. Jangan hanya membeli sesuatu untuk diri Anda sendiri

Selain tidak menetapkan budget, kesalahan yang seringkali orang buat saat mengeluarkan uang di musim liburan yakni hanya membeli barang untuk dirinya sendiri.

Memang apa yang Anda hasilkan adalah jerih payah Anda sendiri, namun beberapa kali kesalahan terjadi saat Anda berpikir untuk memberikan reward untuk diri sendiri dan membeli barang-barang mewah. Ingat momen natal dan tahun baru adalah saatnya berbagi.

 3. Usahakan tidak berutang

Jangan tergoda dengan diskon puluhan persen yang umumnya digelar beberapa pusat perbelanjaan di kota Anda, apalagi jika potongan harga ini hanya bisa Anda dapatkan melalui gesekan kartu kredit, pijaman daring atau bahkan kemudahan pay later yang ditawarkan berbagai aplikasi kekiniaan jaman sekarang.

Terkadang orang seringkali tertipu dengan iming-iming bunga 0 persen atau cashback 10 persen yang sebenarnya hanya puluhan ribu rupiah dari jumlah pengeluaran yang Anda keluarkan. Jika Anda ingin memangkas utang pada tahun 2020, jangan coba-coba untuk menggunakan kartu kredit, pinjaman online atau pay later pada minggu ini.

4. Berani berkata tidak

Menjelang hari natal dan tahun baru, akan banyak sekali undangan christmas dinner, tukar kado atau festival pergantian tahun yang yang menghampiri Anda. Nah, cara terbaik untuk mulai displin mengatur keuangan pada musim ini adalah berani berkata tidak.

Belajar mengatakan tidak, bukan berarti Anda menolak semua undangan tersebut. Penuhilah beberapa undangan natal dan tahun baru dari keluarga dan teman dekat yang memang sudah mengenal Anda dan Anda pun mengenalnya dengan baik.

5. Jika diperlukan jauhi media sosial

Kalau Anda menemukan teman atau keluarga Anda tengah bersenang-senang dengan berlibur di luar negeri atau menghabiskan malam tahun baru di sebuah resort mewah dan merasa iri karenanya, maka lebih baik Anda tidak mengakses media sosial untuk beberapa waktu.

Penelitian menyebutkan media sosial kadang menjadi toxic yang perlu kita atur penggunaannya. Jika menyakitkan bagi Anda melihat pesta natal dan tahun baru yang mewah diunggah oleh teman Anda, sedang Anda hanya bisa berdiam diri di rumah, maka tidak ada salahnya untuk berhenti sejenak menggunakan media sosial hingga masa liburan ini berakhir.

 

Sumber: bisnis.com


 Kembali
SIMULASI KREDIT


LINKS