90 Alat Perekam Transaksi Online di Gowa Siap Dipasang

Rabu | 11 September 2019


90 Alat Perekam Transaksi Online di Gowa Siap Dipasang

SUNGGUMINASA - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Gowa, telah menyiapkan 90 mesin point of sales (MPOS) system atau kasir elektronik bagi pengusaha di Kabupaten Gowa.

Kepala Bapenda Gowa Ismail Majid mengungkapkan, dengan adanya MPOS System maka akan ada transparansi pendapatan usaha. Sehingga diharapkan hal tersebut dapat menjadi perhatian dan mendapatkan dukungan dari seluruh pihak utamanya para pelaku usaha.

Penggunaan MPOS system sendiri dilakukan setelah dikeluarkannya peraturan daerah nomor 9 Tahun 2011 tentang pajak restoran.

Di mana setiap pengunjung yang menggunakan pelayanan yang disediakan restoran dikenakan pajak 10 persen.

Aturan tersebut juga semakin didukung dengan Peraturan Bupati Gowa Nomor 35 Tahun 2019 tentang pembayaran dan pemungutan pajak daerah dan retribusi daerah secara sistem online.

"Untuk langkah awal Bapenda Gowa telah menyiapkan 90 alat MPOS system, dan hingga saat ini sudah ada 50 alat MPOS yang telah terpasang," ungkapnya
saat menghadiri Monitoring dan Evaluasi Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi Desiminasi Wajib Pungut Hotel, Restoran, Hiburan dan Parkir, di Baruga Tinggi Mae, Rumah Jabatan Bupati Gowa, Selasa (10/9).

Alat ini lanjutnya, telah terintegrasi langsung ke Bapenda Gowa, Bank Sulselbar dan Komite Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Kita targetkan dapat memasang alat MPOS System sebanyak 200 hingga September 2019 mendatang. Ini sesuai daftar usaha yang dianggap wajib pungut," ujarnya

Sumber : makassar.sindonews.com 


 Kembali
SIMULASI KREDIT


LINKS