Realisasi KUR Bank Sulselbar Rp90 Miliar

Rabu | 21 November 2018


Realisasi KUR Bank Sulselbar Rp90 Miliar

PALOPO — Bank Sulselbar kini sudah masuk segmen Kredit Usaha Rakyat (KUR). Itu sudah berjalan satu setengah tahun. Trendnya dari tahun ke tahun meningkat. Tahun 2017 terealisasi sekitar Rp1,5 miliar. Tahun 2018, naik menjadi Rp3 miliar dengan jumlah 120 – 130 debitur.

”Itu realisasi KUR di Cabang Palopo. Kalau realisasi Bank Sulselbar secara keselurahan mencapai Rp90 miliar. Itu sesuai kuota dari Pemerintah Provinsi Sulsel,” terang Kepala Seksi (Kasi) Pemasaran Bank Sulselbar Cabang Palopo, Asmal Manda yang ditemui Palopo Pos usai tampil sebagai narasumber pada Bimtek Peningkatan Produktivitas Koperasi di Hotel Harapan, Rabu, 14 November 2018 kemarin.

Lanjut dua, peminat KUR Bank Sulselbar tergolong tinggi. Itu dapat dilihat capaian kuotanya. Baru Oktober 2018, sudah tercapai kuota Rp90 miliar. Dan terhitung tanggal 31 Oktober 2018, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) ini sudah closing layanan KUR. ”Kalau ada yang mau KUR, tahun 2019 baru bisa dilayani,” ucapnya.

Keunggulan KUR di Bank Sulselbar yakni bunganya rendah hanya 7 persen. Untuk KUR mikro dengan plafond Rp25 juta, tidak perlu pakai agunan. Kemudian suku bunga angsurannya juga menurun. Dan kalau mau dilunasi sebelum jatuh tempo, maka sisa angsuran bunganya tidak perlu dibayar.

Cukup sampai bulan pelunasan. Syarat untuk mendapatkan KUR yakni memiliki usaha yang telah berjalan minimal 1 tahun. Dapat sedang menerima kredit lainnya (KPR/Kredit kendaraan) dengan kolektibilitas lancar.

Diutamakan bagi calon yang belum pernah mendapatkan kredit produktif. Wajib memiliki e-KTP. ”Untuk KUR mikro dengan plafond Rp25 juta bebas jaminan. Kecuali KUR kecil di atas Rp25 juta hingga Rp500 juta, disertai jaminan baik berupa SHM, SHGU, maupun SHGB,” terang Asmal.

Sektor usaha yang dibiayai yakni usaha pertanian, usaha perikanan, industri pengolahan, perdagangan hulu terintegrasi produksi, dan jasa. Disamping KUR, Bank Sulselbar menawarkan kredit usaha dengan suku bunga hanya 13 persen dengan bunga efektif menurun. (ikh)

Keunggulan KUR Bank Sulselbar 
* Bunganya rendah hanya 7 persen.
* KUR mikro plafond Rp25 juta, tidak perlu pakai agunan.
* Suku bunga angsuran menurun.
* Pelunasan sebelum jatuh tempo, maka sisa angsuran bunganya tidak perlu dibayar. 

Sumberpalopopos.fajar.co.id 


 Kembali