Uang Bersifat Kolaborasi

Jum'at | 05 Oktober 2018


Bisnis.com, JAKARTA — Apa kebutuhan utama orang pada umumnya, termasuk Anda? Rumah bisa saja, mobil tentu, pekerjaan sudah pasti. Tetapi, semua muara kebutuhan orang berdasar pada uang. Bagi sebagian orang, uang itu segalanya.

Mengapa kita semuanya terdesak oleh uang,  karena uang, bagaimana pun akan tetap langka. Karena uang sifatnya relatif. Relatif bagaimana? Misalnya uang Anda banyak, tetapi akan menghadapi orang lain yang lebih besar uangnya.  Sifat uang adalah kekuasaan. 

Memainkan fenomena dorongan sistem kapitalis, sifat uang akan membuat kita mengerti bagaimana caranya mengendalikan pihak-pihak lain. Di antara sifat-sifat uang misalnya :

Kekuasaan itu seperti uang, bisa digabungkan.  Pada saat beberapa pihak bergabung,  kekuatannya bisa mengimbangi perusahaan. 

Secara umum sifat uang digunakan dalam manajemen konflik. Ini lazim terjadi, selama masih bisa dibayar, solusi konflik pasti diselesaikan dengan uang. Pada saat kita mengerti sifat uang maka kitapun memiliki kekuasaan. 

Uang akan menekan pihak-pihak lain,  dan ilmu tentang uang akan menjadi kekuatan terbesar. 

Sifat uang adalah kolaborasi dengan pihak yang terkuat.  Uang tidak bisa memihak kepada yang lemah. Uang bisa diberikan kepada pihak yang lemah tetapi tetap terikat dikendalikan oleh yang terkuat.

Sifat uang adalah mengikat pihak dominan atau patron dan akan terus mengendalikan pihak bawahan.

Uang tidak bisa dikombinasikan dengan anarki.  Uang tidak bisa serta merta diberikan kepada kelompok miskin.

Sifat uang adalah kohesif dengan kekuatan lain. Sifat uang kohesif satu sama lainnya,  dan tidak bisa adesif mengikat pihak miskin. 

Orang yang sifatnya terjajah tidak akan mengerti sifat uang. Orang yang anarkis prorakyat  atau people power tidak akan mengerti sifat uang.

Pengetahuan tentang uang bisa dipelajari oleh semuanya tetapi sifat uang tidak sejalan dengan popularitas. Karena sifat uang kolaborasi dengan pihak terkuat maka uang sifatnya ekslusif, dan istimewa.

Sifat uang adalah feminin.  Dia bersifat receptor.  Maka uang tidak sinkron dengan karakter pembangkang.  Uang bersifat submisif.  Penurut.  Uang sifatnya mengikat.  Kata dasar dari uang adalah interaksi relationship.  Uang sifatnya mengikat hubungan manusia. Uang tidak bisa memerdekakan diri. 

Keyakinan akan faith kepada Tuhan yang bertentangan dengan hubungan antarsesama manusia tidak sinkron dengan sifat uang.

Sifat uang adalah berjenjang.  Uang tidak bersifat random.  Uang tunduk kepada hubungan antarmanusia.

 

Sumber: bisnis.com


 Kembali