UKM Binaan Bank Sulselbar Kirim Produk ke Bandung hingga Dubai

Kamis | 27 September 2018


UKM Binaan Bank Sulselbar Kirim Produk ke Bandung hingga Dubai

Terkini.id, Makassar – Kelompok Usaha Bersama (KUD) Balla Ratea Kabupaten Gowa yang menjadi binaan Bank Sulselbar sukses menggenjot produktifitas dan membuka lapangan kerja berkat fasilitas pembiayaan KUR (Kredit Usaha Rakyat).

KUD ini memproduksi berbagai produk makanan, mulai dari sirup sarabba, kerupuk bawang merah dan bawang putih, hingga kacang goreng.

Untuk kelas UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), KUD Balla Ratea sukses memperluas pasar bukan cuma di wilayah Kabupaten Gowa dan sekitarnya.

Kemarin kita kirim ke dubai 10 toples bawang, ada juga tiga paket sarabba ke Bandung, ada juga ke Surabaya. Pemesanannya lumayan,” jelas pemilik KUD Balla Ratea, Dra Hajirah, kepada terkini.id.

Hajirah menjelaskan, usahanya memanfaatkan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank Sulselbar dengan nilai pembiayaan sebesar Rp 25 juta.

“Kemarin juga pernah ikut pameran Dekranasda, kebetulan kami yang isi booth milik Bank Sulselbar, Agustus 2018. Alhamdulillah, juara 2,” jelas dia lagi.

Di pabrik milik Hadirah itu, produksi sirup sirup sarabba yang merupakan minuman khas Sulawesi Selatan dengan bahan utama jahe dan gula merah, bisa diproduksi 50 botol per hari.

“Untuk kacang, bisa sampai 25 kilogram, bawang putih dan bawang merah masing-masing 10 kilogram. Saya sudah pakai alat penggorengan seperti di KFC,” tambahnya lagi.

Untuk pekerja, Hajirah mengaku pekerjanya digaji sesuai orderan. “Karena tidak setiap hari bekerja. Tergantung pesanan. Kalau ada pekerjaan, tiga orang yang bekerja. Kalau di hari-hari jelang lebaran, ada sampai 5 orang yang bekerja,” terang dia.

Sumber : makassar.terkini.id

 

 


 Kembali