Penyertaan Modal PT Bank Sulselbar Diusulkan Rp100 miliar

Selasa | 13 Maret 2018


MAKASSAR - Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang penambahan penyertaan modal Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar ke PT Bank Sulselbar usulkan naik. Dari Rp17 miliar meningkat hingga Rp100 miliar untuk lima tahun anggaran. 

Nominal tersebut terungkap dalam rapat pansus bersama jajaran direksi PT Bank Sulselbar, di ruang Banggar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Senin (12/3/2018).

Ketua Pansus Penyertaan Modal PT Bank Sulselbar, Andi Syamsuddin Kadir mengaku, jika Pansus bersama PT Bank Sulselbar sudah sepakat untuk mengusulkan agar penyertaan modal ini bertambah. Menyusul deviden yang disetorkan belakangan ini ke pemerintah kota mencapai Rp7 miliar dengan penyertaan modal sebesar Rp17 miliar.

"Kita sudah menyepakati akan mengusulkan penyertaan modal Pemkot ke Bank Sulselbar itu kita tambah. Sebab, jika sebelumnya penyertaan modal Pemkot Rp17 miliar mampu mendapatkan setoran deviden sebesar Rp7 miliar. Maka, setelah melihat kondisi kemampuan keuangan Pemkot kita pikir bagaimana kalau kita tambah menjadi Rp100 miliar agar deviden juga bisa bertambah," terangnya.

Dijelaskannya jika tambahan penyertaan modal yang Rp100 miliar tersebut dipastikan keuntungan yang akan didapatkan oleh Pemkot Makassar juga otomatis akan meningkat. Adapun Modal Rp100 miliar tersebut akan dialokasikan selama lima tahun anggaran. "Jadi Rp100 miliar itu tersebut akan dimasukkan selama 5 tahun anggaran, dimana masing-masing pertahunnya itu akan dimasukkan Rp20 milliar. Dengan jumlah penyertaan modal itu mudah-mudahan Pemkot Makassar menjadi yang ketiga terbesar penyertaan modalnya di Bank Sulsel," ujarnya.

Direktur Kepatuhan PT Bank Sulselbar, Muh Asril Azis, dalam kesempatan itu juga menyampaikan jika keuntungan yang diperolah PT Bank Sulselbar di tahun 2010 sebesar Rp243 milliar dengan jumlah kepemilikan saham Pemkot Makassar yang ada. Setoran deviden saat itu hanya sebesar Rp4,9 miliar. Jika dibandingkan dengan 2016 dimana PT Bank Sulselbar mendapatkan laba sebesar Rp600 Milliar dengan penyertaan modal yang sama, Pemkot memperoleh deviden sebesar Rp7,7 milliar. 

"Jadi sebenarnya ini deviden yang didapatkan tergantung dari kinerja PT Bank Sulselbar, jadi sepanjang kinerja Bank juga baik maka deviden yang kita bagikan juga akan semakin meningkat," jelasnya.

 

Sumber: makassar.sindonews.com


 Kembali