Bank Sulselbar Mudahkan Pengusaha Mikro

Jum'at | 04 Agustus 2017


Bank Sulselbar Mudahkan Pengusaha Mikro

MAMUJU – Dalam membantu masyarakat khususnya pengusaha mikro, Bank Sulselbar meluncurkan produk berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR) tanpa agunan yang diperuntukkan bagi pengusaha mikro. Itu dilakukan pada acara  Sosialisasi Program Penyaluran Kredit Penyaluran Kredit Usaha Rakyat di Ballroom Hotel Maleo, Kamis, 3 Agustus 2017.

“Sinergitas pembangunan tidak dapat dilepaskan dengan unsur perbankan. Faktor faktor pembiayaan membutuhkan dukungan penuh dari pihak bank untuk mempermudah proses pelaksanaan pekerjaan. Bidang usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan elemen pembangunan yang sangat menonjol untuk menjadi parameter peningkatan ekonomi kerakyatan yang dapat langsung dilihat hasilnya. Peranan penting dari pihak perbankan ini perlu di dukung agar terus dapat memfasilitasi bergeraknya ekonomi rakyat kecil dan menengah yang sesuai dengan kebutuhannya,”kata Enny Anggraeni Anwar.

Lebih lanjut Enny menyampaikan, keberadaan PT. Bank Sulselbar dalam mengemban tugasnya sebagai salah satu motor ekonomi daerah, diakui  tidak dapat optimal tanpa ada kesadaran dan partisipasi dari semua pemangku kepentingan termasuk para stakeholder, pemerintah, masyarakat.

Kepada para pelaku usaha, mantan Ketua TPP PKK tersebut meminta agar senantiasa bijaksana dalam penggunaan modal yang dikredit, jangan sampai kredit usaha ini malah akan menjadi beban bagi usaha yang saudara saudara jalankan karena tidak sesuai skema usaha yang anda ajukan, karena KUR adalah hutang yang harus dikembalikan beserta dengan bunganya, bukan bantuan hibah yang digulirkan,”kata Enny.

Ia juga meminta agar penyaluran kredit usaha dilakukan secara merata, dan diharapkan kepada PT. Bank Sulselbar menyasar dengan baik UMKM yang mempunyai portofolio bisnis yang bagus dan potensial, lakukan survey dan verivikasi bisnis secara mendalam terhadap resiko yang ada.

“Kepada Bank sulselbar saya harap untuk memberikan kemudahan akses dan pelayanan kepada para pelaku usaha untuk mendapatkan bantuan permodalan sebagaimana yang disosialisasikan hari ini,terutama pada usaha mikro, kecil dan menengah, karena saya yakin bahwa bantuan permodalan ini mempunyai daya ungkit yang besar dalam dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan memperluas lapangan kerja,”kata mantan anggota DPR RI tersebut.

Pimpinan Cabang Utama Bank Sulselbar Aras Tusdin Rasyid,  pada kesempatan tersebut mengharapkan agar  sosialisasi yang dilaksanakan dapat  menambah pengetahuan bagi peserta, juga  bagaimana UMKM dapat bertumbuh dan mengembangkan usaha dalam rana ekonomi kreatif serta bagaimana masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan modal usaha melalui fasilitas kredit usaha rakyat agar selanjutnya dapat menyebarluaskan kepada masyarakatmengenai manfaat kredit KUR.

“Sebagai bank daerah yang mendapatkan kepercayaan oleh pemerintah pusat untuk menyalurkan KUR, maka diperlukan dukungan penuh oleh Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Daerah sebagai pemegang saham,”kata Aras Tusdin Rasyid

Pada kegiatan tersebut juga hadir Asiten III Pemerintah Kabupaten Mamuju H. Tonga, sejumlah OPD, dan para pelaku usaha di Sulbar. (humas/samsul)

 

Sumber: humassulbarprov.id


 Kembali