Bagaimana Cara Mengembangkan Uang?

Kamis | 27 Juli 2017


Bagaimana Cara Mengembangkan Uang?

Goenardjoadi Goenawan | Bisnis.com

JAKARTA — Bagaimana caranya mengembangkan uang?  Banyak orang menganggap uang itu cash masuk alias gaji dan cash keluar untuk belanja. Banyak yang tidak sadar bahwa uang adalah game, permainan.

Maksudnya apa game? Seperti maun video game atau apa? Ya game. Game apapun bentuknya, butuh pengalaman dari para pemainnya. Misalnya, main catur, yang terlatih tentu lebih unggul dibandingkan dengan yang amatir. Maka bila amatir, bisa saja masih terjerat kemiskinan. 

Gambaran dari game uang itu seperti ini:

1. Game uang adalah mengenai cost of money. Bila Anda tidak punya agunan lalu mengajukan kredit tanpa agunan (KTA) bunganya bisa sangat tinggi, sampai 70% barangkali.  

Oleh karena itu game uang adalah mendapatkan cost of money serendah mungkin. Rendah seberapa? Bila Anda punya keluarga atau istilah saya IMF (Ibu Mertua dan Family) punya agunan,  kedit bank Anda jangka panjang bisa lebih lunak.

Saya sering menulis, orang-orang di planet venus atau orang kaya, bunga pinjamannya sangat rendah, bisa 6%-7% per tahun.  Itu selisih 10 kali lipat lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tak punya agunan atau istilah saya planet merkurius. 

Inilah yang disebut game kapitalisme. Kapitalisme tergantung pada kapital aset agunan.  

2. Bila Anda bisa mengakses kepada kelompok di planet venus,  misalnya Anda numpang kredit bank kepada IMF tadi, mungkin Anda bisa bernafas lega. 

Dalam pengalaman saya sendiri, saya pernah diberi pinjaman lunak bank jangka panjang bunga lunak lewat keluarga senilai Rp 200 juta.  Saya berpikir uang segitu bila digunakan renovasi aset saya tidak berkembang biak,  akhirnya saya mengambil KPR setara Rp1 miliar.

Nah setelah Anda menelisik, akses numpang IMF tersebut maka uang Anda bisa berkembang subur dengan kekuatan 10 kali lipat dengan investasi misalnya di properti.  

3. Jadi bedanya orang planet merkurius, mereka menghabiskan uang untuk belanja dan membayar kartu kredit 10 kali lebih berat.  Sedangkan, orang di planet venus mereka mengakses pinjaman jangka panjang bunga lunak untuk investasi.  

Bagaimana caranya memastikan investasi KPR kita bisa liquid cepat dijual beli,  sedangkan kenyataannya banyak properti  yang tidak gampang dijual pada saat krisis moneter? 

4. Kecanggihan investasi rumah tergantung kepada akses kepada planet mars. Istilah baru lagi nih, planet mars. Siapa mereka?  Mereka adalah yang memperoleh utang tanpa bunga,  yaitu kelompok pedagang dan distributor.  

Oleh karena itu bila Anda mengorbit di planet merkurius, cobalah tengok planet lain dengan berinteraksi.  Bagaimana caranya menembus orbit planet venus?  Bila Anda masih bersikap konsumerisme,  tidak bisa menahan belanja,  dan tidak bisa melihat peluang investasi,  maka Anda ketemu planet venus,  mereka akan alergi.  

Oleh karena itu, Anda harus menjadi ladang yang subur.  Hidup hemat,  dan uang subur di tangan Anda.

 

Sumber: bisnis.com


 Kembali