Dana Pihak Ketiga Bank Sulselbar Tumbuh Positif

Sabtu | 15 Juli 2017


Dana Pihak Ketiga Bank Sulselbar Tumbuh Positif

ilustrasi | fajaronline.com

MAKASSAR -- Penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) Bank Sulselbar, tumbuh positif. Pada semester pertama 2017, sudah melampaui target.

Direktur Pemasaran Bank Sulselbar, Rosmala Arifin, mengatakan, posisi dana pada Juni 2017 sudah mencapai Rp15,4 triliun. Sementara kredit yang disalurkan sudah mencapai Rp13 triliun. 

Rosmala bilang, likuiditas Bank Sulselbar tahun ini jauh lebih longgar dari tahun lalu, sehingga lebih leluasa menyalurkan kredit.

"Dana yang dihimpun jauh lebih besar daripada kredit yang disalurkan," ujar Rosmala, Selasa, 11 Juli.

Dia menambahkan, untuk menggenjot jumlah tabungan, pihaknya memperbanyak produk tabungan serta program hadiah. Berbagai inovasi dalam produk tabungan kata dia, berhasil mendongkrak penghimpunan DPK hingga tumbuh melejit.

"Inovasi produk terus dilakukan Bank Sulselbar agar bisa menguasai pasar di Sulsel," ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Utama Bank Sulselbar, Andi Muhammad Rahmat, mengklaim pihaknya telah mengurangi porsi penempatan dana pemerintah daerah. Untuk mengurangi ketergantungan dana Pemda kata dia, pihaknya terus mencari sumber dana pihak ketiga (DPK) dari korporasi dan masyarakat.

"Saat ini porsi dana murah lebih besar, tapi masih didominasi giro hingga Rp7,2 triliun.

Menurutnya, realisasi giro maupun deposito mengalami kenaikan secara year to date masing-masing 92,3 persen untuk giro dan 42,8 untuk deposito. 

Sedangkan untuk dana tabungan 28,5 persen. "Ke depan dana-dana masyarkat diharapkan lebih banyak terhimpun," tutupnya.

 

Sumber: fajaronline.com


 Kembali