BI Gandeng Bank Sulselbar Dalam Operasional Kas Titipan Bulukumba

Jum'at | 16 Desember 2016


BI Gandeng Bank Sulselbar Dalam Operasional Kas Titipan  Bulukumba

Warga antre menukarkan uang di mobil kas keliling|semarang.bisnis.com

MAKASSAR-- Bank Indonesia mengoperasikan Kas Titipan di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, untuk memangkas distribusi uang kartal layak edar di daerah tersebut.

Dalam pengoperasian Kas Titipan itu, bank sentral bersinergi dengan Bank Sulselbar terkait pengelolaan fasilitas untuk pendistribusian maupun penukaran uang kartal di Bulukumba dan sekitarnya

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Sulsel, Wiwiek S. Widayat, mengemukakan Kas Titipan di Bulukumba tersebut akan menyediakan pasokan uang hingga Rp150 miliar maupun penukaran uang tidak layak edar dari perbankan yang berada dalam cakupan operasional fasilitas anyar bank sentral tersebut.

Menurutnya, terdapat sembilan bank yang terdaftar sebagai peserta dalam fasilitas Kas Titipan tersebut yang mana secara kumulatif mencakup 30 kantor cabang dan 5 cabang pembantu yang tersebar pada kabupaten cakupan. 

"Kas Titipan ini juga melayani lima kabupaten lain yang relatif dekat dengan Bulukumba. Lebih efesien dibandingkan dengan ke Makassar yang mebutuhkan sekitar lima hingga enam jam perjalanan darat. Sehingga cukup satu pengiriman, sehingga ongkos operasional perbankan bisa lebih terpangkas," katanya, belum lama ini.

Untuk selanjutnta, lanjut Wiwiek, fasilitas serupa direncanakan bakal dibangun di Kabupaten Bone dan ditargetkan bisa terealiasi pada awal tahun depan sehingga lebih memudahkan kegiatan penukaran uang maupun distribusi ke perbankan yang beroperasi di daerah.

Sumber: Bisnis.com


 Kembali