Bank Sulselbar Siap Salurkan KUR Pertama Rp25 Miliar

Minggu | 20 Mei 2012


Bank Sulselbar Siap Salurkan KUR Pertama Rp25 Miliar

MAKASSAR: PT Bank Sulselbar menargetkan penyaluran kredit usaha rakyat untuk pertama kalinya, sebesar Rp25 miliar, tahun ini dengan alokasi plafon kredit antara Rp20 juta dan Rp500 juta. Pemimpin Group Pemasaran PT Bank Sulselbar Zainal Abdi mengatakan penerima kredit usaha rakyat atau KUR yang disalurkan oleh pihaknya adalah para pengusaha ritel dengan plafon mulai Rp20 juta hingga Rp500 juta dengan tingkat suku bunga 13% per tahun. "Kami telah mengirim standard operating procedure [SOP] penyaluran KUR ke semua kantor cabang di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat sejak April lalu. SOP tersebut berisi mekanisme, nilai kredit, dan penerima kredit," ujarnya, Jumat, 11 Mei 2012.

Dia menegaskan, salah satu persyaratan yang harus dipenuhi pengusaha adalah jaminan. Adapun penyaluran KUR ke pengusaha mikro diserahkan ke Bank Rakyat Indonesia (BRI). Sementara itu realisasi penyaluran KUR hingga akhir April 2012 masih cukup rendah, karena baru kantor cabang utama yang melayaninya. "Kami menargetkan, optimalisasi penyaluran KUR di Sulsel dan Sulbar berjalan pada Mei ini," tegasnya. KUR yang disalurkan Bank Sulselbar tahun ini merupakan penyaluran KUR yang pertama bagi bank tersebut.

Jika kinerja penyaluran KUR Bank Sulselbar dinilai baik, maka Kementerian Keuangan akan menambah alokasi hingga menjadi Rp30 miliar. Secara nasional, ada 26 Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang telah menyalurkan KUR. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan dengan tahun lalu, yang hanya 13 BPD. Pemimpin BRI Makassar Adhy Kusnandar mengungkapkan jumlah KUR yang berhasil direalisasikan pihaknya tahun lalu mencapai Rp1,4 triliun. "Tahun ini, kami menargetkan, penyaluran KUR tumbuh 30% dibandingkan dengan realisasi tahun lalu," kata Adhy.

Hingga April 2012, penyaluran KUR di seluruh kantor dibawah lingkup BRI Makassar yang meliputi wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Ambon, telah terserap sekitar 25% dari yang ditargetkan tahun ini. Dari 25% penyerapan KUR hingga April 2012, papanya, porsi terbesar atau antara 60% hingga 70% di antaranya banyak diserap untuk sektor perdagangan dan sebagian lainnya diserap sektor pertanian, industri kecil, dan lain-lain. Manajemen BRI menargetkan, penyaluran KUR se-Kanwil Makassar akan mencapai minimal Rp40 miliar per bulan. (K46/Bsi). Klik Sumber.


 Kembali
SIMULASI KREDIT


LINKS