SKBDN (Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri)

Persyaratan UMUM

  1. Nasabah PT Bank Sulselbar
  2. Memiliki SIUP,TDP,NPWP
  3. Memiliki Fasilitas
  4. Menyetujui Surat Pernyataan dan Pemberian Kuasa Berkenaan dengan Pengambilalihan Dokumen Ekspor/Dokumen Perdagangan SKBDN oleh PT Bank Sulselbar.
  5. Melengkapi Form Speciment Tandatangan
  6. Menyerahkan Surat Kuasa Pengambilan/Penyerahan Dokumen Ekspor/ Dokumen Perdagangan (SKBDN)
  7. Menyerahkan Surat Kuasa Pendebitan Rekening Giro
 

PENERIMAAN SKBDN (Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri)

Penerimaan Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (Incoming SKBDN)

PT Bank Sulselbar memberikan solusi dalam transaksi perdagangan lokal melalui pembelian dokumen ekspor baik dengan menggunakan surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN). Produk ini memberikan jaminan pembayaran kepada pihak Beneficiary (Seller) selama Beneficiary dapat melakukan presentasi yang sesuai dengan syarat dan ketentuan SKBDN
 
Manfaat bagi Beneficiary/ Seller
  • Memberikan jaminan pembayaran kepada Beneficiary/Seller selama dapat memenuhi presentasi yang sesuai dengan syarat dan ketentuan Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN).
  • Membantu memperbaiki Cash Flow perusahaan melalui pencairan dan hasil penjualan selama dokumen yang dipresentasikan sesuai dengan syarat dan ketentuan SKBDN.
 

Pre Shipment Financing (PRE-SF) SKBDN

Bagi Beneficiary/Seller yang membutuhkan pembiayaan perdagangan dalam negeri jangka pendek untuk memenuhi kebutuhan modal kerja (pembelian bahan baku, aktivitas pengiriman barang produksi dan lain lain) sebelum pengapalan barang terkait memenuhi perdagangan lokal dengan menggunakan  SKBDN, kami PT Bank Sulselbar menyediakan produk pembiayaan pre-Shipment Financing (pre-SF) untuk kelancaran transaksi perdagangan baik local
 
Manfaat bagi Beneficiary/ Seller
  • PRE-SF Memberikan kemudahan bagi Beneficiary/Seller untuk emnuhi kontrak dagang melalui pemberian fasilitas embiayaan berdasarkan nilai SKBDN
  • Menambah Cash Flow
  • Meningkatkan Bonafiditas Beneficiary/Seller di mata Pembeli/Buyer dapat memenuhi barang sesuai kontrak dagang yang disepakati.
  • Meningkatkan arus kas Beneficiary/Seller melalui pemberian pembiayaan kebutuhan modal kerja dan hasil perdagangan local digunakan untuk melunasi fasilitas tersebut.
 

Pre Shipment Financing (PRE-SF) SKBDN

Bagi Beneficiary/Seller yang membutuhkan pembiayaan perdagangan dalam negeri jangka pendek setelah melakukan pengapalan brang atas dasar  SKBDN, PT Bank Sulselbar menyediakan pembiayaan Post Shipment Financing yang besaran fasilitas diberikan  atas dasar hasil analisa dari bank, dengan penyelesaian pinjaman dilakukan dari hasil perdagangan local yang diterima dari Pembeli/Buyer.
 
Manfaat bagi Beneficiary/ Seller
  • Solusi efisiensi yang diberikan PT Bank Sulselbar bagi para Beneficiary/Seller dengan cara membeli atau menegosiasi dokumen perdagangan yang clean atas dasar SKBDN.
  • Meningkatkan arus kas pihak Beneficiary/Seller dengan memberikan dana setelah melakukan pengapalan barang tanpa harus menunggu pembayaran dari pihak Pembeli/Buyer.

 

PENERBITAN  SKBDN (Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri)

Penerbitan Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (Issuance SKBDN)

PT Bank Sulselbar memberikan solusi dalam transaksi perdagangan lokal Melalui penyediaan layanan produk penerbitan Surat Kredit Dokumen Dalam Negeri (SKBDN).
Produk ini memberikan kepastian bagi Pembeli/Buyer bahwa pembayaran dilakukan setelah Beneficiary/ Eksportir/Seller mempresentasikan dokumen yang sesuai dengan syarat dan ketentuan Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN).
 

Manfaat bagi Pembeli/Buyer:

  • Memberikan jaminan bagi Pembeli/Buyer bahwa pembayaran dilakukan setelah Penjual/Seller mempresentasikan dokumen yang sesusai dengan syarat dan ketentuan SKBDN.
  • Meningkatkan bonafiditas Pembeli/Buyer dimata Penjual/Seller akan adanya kepastian pembayaran bagi Penjual/Seller selama melakukan presentasi yang sesuai.
  • Memudahkan Pembeli/Buyer memperoleh pembiayaan terkait transaski perdagangan selama memenuhi ketentuan bank.
 

Financing Against Trust Receipt (FATR)

PT Bank Sulselbar menyediakan produk Financing Against Trust Receipt (FATR) yang merupakan produk pembiayaan jangka pendek untuk kebutuhan modal kerja dan penyelesaian  kewajiban kepada pemasok jatuh tempo berdasarkan Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN). Pendanaan ini akan disediakan berdasarkan “kepercayaan” Trust Receipt sebagai dokumen hukum.

 

Manfaat bagi Pembeli/Buyer:

  • FATR memberikan kemudahan bagi Pembeli/Buye untuk mengeluarkan barang dan menggunakannya sebagai proses manufaktur.
  • Pengaturan Bussiness Cash Flow sesuai kebutuhan
  • Meningkatkan bonafiditas Pembeli/Buyer dihadapan Penjual/Seller dengan melakukan pembayaran tepat waktu.