Bank Banten Teken MoU dengan Bank Sulselbar

Senin | 15 Mei 2017


Bank Banten Teken MoU dengan Bank Sulselbar

Kantor Bank Sulselbar di Makassar, Sulawesi Selatan | bisnis.com

JAKARTA - PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk. (Bank Banten) memacu penembangan bisnisnya, terutama segmen kredit komersial, lewat kerja sama dengan bank pembangunan daerah lainnya. Penyaluran kredit komersial Bank Banten hingga Maret 2017 tercatat mencapai Rp378,8 miliar.

Plt. Direktur Utama Bank Banten Fahmi Bagus Mahesa menuturkan, Bank Banten tengah melakukan ekspansi bisnis baru, sehingga ada beberapa kerjasama dalam bentuk yang beragam.

Teranyar, Bank Banten bersinergi dengan PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (Sulselbar).

Perjanjian kerja sama antara dua entitas bank pembangunan daerah tersebut menyangkut jasa layanan dan kerja sama perbankan.

Penandatanganan nota kesepahaman dihadiri oleh Fahmi dan Direktur Utama PT Bank Sulselbar H.A. Muhammad Rahmat di Makassar, Selasa (9/5/2017).

"Seperti dengan PT Bank Sulselbar kami melakukan pembelian aset dan memberikan layanan perbankan berupa produk simpanan, pinjaman, money market line, kerjasama pembiayaan dengan pola channeling, kerjasama pembiayaan dengan pola asset sales, pembiayaan sindikasi, kerjasama bilateral dan fasilitas layanan perbankan lainnya,” kata Fahmi lewat keterangan resmi.

Kerja sama dengan Bank Sulselbar, lanjutnya, dilakukan dalam rangka peningkatan hubungan bisnis antara kedua perseroan, khususnya peningkatan bisnis di segmen bisnis komersial melalui layanan transaksi perbankan. Dia berharap, sinergi tersebut bakal membuka peluang kerja sama dengan BPD lainnya yang tergabung dalam Asbanda (Asosiasi Bank Daerah).

"Kami sudah melakukan kerjasama dengan beberapa institusi dalam hal kerjasama asset buy dan layanan perbankan, sehingga harapan kami kerjasama ini dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak,” ujarnya.

Pola Asset Buy dan Asset Sales merupakan kerja sama penyaluran pembiayaan melalui pengalihan dan pengelolaan piutang. Adapun, untuk peningkatan bisnis, bisa melalui kerja sama pembiayaan dengan pola channeling yaitu penyaluran pembiayaan kepada debitur yang direkomendasikan.

Bentuk sinergi lainnya yang dapat dilakukan yakni pembiayaan sindikasi kepada debitur dan obyek pembiayaan yang sama. Pembiayaan sindikasi dititikberatkan kepada proyek-proyek pemerintah.

Lebih lanjut, Fahmi menuturkan pembentukan divisi kredit komersial, Bank Banten diharapkan dapat mendukung transformasi perseroan sebagai BPD yang memiliki fungsi sebagai lembaga intermediasi. Hal itu sesuai dengan misi Bank Banten sebagai pendorong laju pembangunan perekonomian daerah.

 

Sumber: bisnis.com


 Kembali