OPI Adalah Jalan Rezeki, Apa Itu OPI?

Kamis | 04 Mei 2017


OPI Adalah Jalan Rezeki, Apa Itu OPI?

Ir Goenardjoadi Goenawan, MM | bisnis.com

Bisnis.com, Kadang kita acapkali merasa bingung dan heran, bagaimana sih caranya menemukan jalan rezeki? Saya ambil contoh saya orang yang tiap hari tumplek blek di Stasiun Tanah Abang. Mereka berebut untuk masuk ke dalam gerbong kereta.

Walaupun pintu kereta ada di depan Anda, belum tentu Anda bisa melenggang masuk dengan mudah. Bisa saja pas mau masuk, Anda didorong-dorong dari depan oleh penumpang dari dalam kereta yang mau keluar. Atau pas Anda mau masuk, sudah tidak ada ruang walaupun untuk berdiri.

Apa yang saya maksud? Rezeki itu pun ada arusnya. Seperti halnya pintu ketika kita mau naik kereta. Harus beli tiket dulu atau kini dengan teknologi tinggal bawa kartu elektronik. Anda enggak bisa loncat langsung ke depan pintu kereta, bisa-bisa diomeli petugas keamanan. Saat sudah masuk, Anda harus antre. Demikian seterusnya.

1. Misalnya saya ingin membantu teman CEO suatau perusahaan, untuk bertemu dengan CEO perusahaan lainnya. Apa bisa langsung? Belum tentu.

Jadi, ada jalur referensi. Perkenalan. Memahami kebiasaan dan lainnya. Ada jalur ingin ketemu CEO perusahaan, siapa yang mereferensikan Anda? Ibaratnya kalau mau ketemu gajah, ya harus kenalan dulu dengan gajah. Kalau enggak, bisa-bisa Anda diseruduk.

"Bila anda ingin menolong orang enggak bisa dengan serta-merta ada jalurnya".

Kemarin saya naik uber ternyata seorang pengemudinya wanita, saya tanya ngapain kok narik uber, alasannya untuk membantu suaminya. Akhirnya keluarga sang istri membiayai untuk beli mobil dan jadi pengemudi taksi online.

Bila kita merasa hidup menghadapi jalan buntu, berhentilah sejenak mungkin, Anda melewati jalur kereta beberapa kali tanpa anda sadari itulah jalur rezeki Anda.

2. Harus ada interest yang terbangun, orang mau ketemu bukan karena ingin membantu Anda tapi pasti ada yang menguntungkan dia sendiri. Ini disebut OPI atau other people interest. Anda pun juga harus mulai belajar untuk memahami kebutuhan orang lain. 

OPI itu seperti bola biliar. Anda tidak bisa langsung menyodoknya, harus lewat bola-bola OPI beberapa pihak terkait. Misalnya Anda naksir Agnes Monica, tidak bisa langsung bukan. Dunia tidak berputar untuk kita. Kita yang harus menunggu maunya dunia. Anda menggerakkan orang lain menurut kehendak dia. Itulah disebut rahasia jalan rezeki adalah OPI. Semoga Anda menerimanya suatu saat yaitu ketika orang mengetuk pintu Anda.

 

Sumber: bisnis.com


 Kembali