Benarkah Sedekah Solusi Jalan Rezeki?

Selasa | 25 April 2017


Benarkah Sedekah Solusi Jalan Rezeki?

Goenardjoadi Goenawan | Bisnis

Beberapa artikel mengenai arti kekayaan sesungguhnya menyebutkan sepanjang sejarah pun, tidak pernah seseorang dihormati karena apa yang telah ia terima. Kehormatan adalah penghargaan bagi mereka yang telah memberikan sesuatu yang berarti bagi sekitarnya.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa memberi adalah salah satu cara terbaik untuk mendatangkan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Namanya sedekah, yaitu menyisihkan sebagian harta yang kita miliki untuk diberikan kepada yang membutuhkan.

Benarkah sedekah adalah cukup menjadi solusi jalan rezeki? Menurut pengalaman saya, juga ada yang menganggap bahwa rasa kasihan "pity" tidak cukup menjadi solusi. Tidak langsung begitu namun ada prosesnya.

Kita tidak bisa mengharapkan sedekah adalah jalan rezeki. Dengan sedekah maka kita memperoleh ganjaran berkah. Disitu kadang saya merasa sedih. Menurut saya berkah tidak cukup hanya disitu.

Darimana itu syaratnya rezeki? Dari arti kalimat assalamualaikum syaratnya rezeki adalah :

damai,
rahmat (pengampunan), dan
berkat Tuhan.

Nah khususnya rahmat pengampunan inilah kuncinya rezeki. Ini sesuai dengan pendapat Philip Kotler mengatakan bahwa bisnis adalah "bagaimana melayani kebutuhan orang lain". Jadi fokusnya adalah kebutuhan orang lain, itu adalah rahmat.

Kadang orang bertanya bagaimana caranya saya memperoleh penghasilan, Apakah menjadi penulis kolom Edukasi duit di bisnis.com cukup untuk income? Saya bilang ya. Apakah dapat bayaran? Ya, namun secara tidak langsung. Sambil menulis ada teman sahabat ketemu, Pak saya bisa minta tolong ini - minta tolong itu, nah itulah sumber bisnis.

Apakah makna rahmat?

1. Sedekah itu tidak mengikat, karena itu mengajarkan keihklasan. Rahmat adalah pertolongan yang mengikat. Misalnya anda ketemu sahabat lama tentu dulu ada kebaikan hati yang dilakukan dan itu mengikat hubungan relationship keduanya.

2. Sedekah memfokuskan kebaikan kepada orang miskin. Jalan rezeki berdasarkan rahmat juga menjelaskan kebaikan kepada orang lain, miskin dan kaya. Bagaimana kita bisa cukup tinggi melihat kesulitan orang kaya, adalah jalan berkah. Syaratnya untuk bisa melihat permasalahan pelik orang berpunya adalah pintu iba.

3. Iba kepada orang kaya adalah kecerdasan uang. Untuk sampai kepada posisi tersebut dibutuhkan trust kepercayaan satu sama lainnya. Bila anda melepaskan pamrih, anda bisa melihat trust.

Oleh karena itu sepanjang hari fokus saya adalah mengejar rahmat. Begitu banyak perusahaan mengalami kesulitan. Posisi ekonomi Indonesia saat ini terlebih membuat capital semakin langka. Disitulah peranan kita, memberi solusi persoalan orang lain.

 

Sumber: bisnis.com


 Kembali