Bank Sulselbar Sabet TOP BUMD 2016

Rabu | 10 Agustus 2016


Bank Sulselbar Sabet TOP BUMD 2016

Bank Sulselbar Sabet TOP BUMD 2016

JAKARTA--Performa Bank Sulselbar yang secara aktif menopang perekonomian di Provinsi Sulawesi Selatan maupun Sulawesi Barat mampu menarik sederet penghargaan dalam ajang Top BUMD 2016.

Pada ajang penghargaan prestisius untuk BUMD se-Tanah Air tersebut, Bank Sulselbar meraih penghargaan pada kategori TOP BUMD 2016 yang juga meneguhkan posisi perseroan sebagai salah satu BUMD dengan kontribusi paling signifikan terhadap pembangunan Sulsel maupun Sulbar.

Adapun Top BUMD Award 2016 yang dielenggarakan pada 5 Mei 2016 lalu itu memberikan apresiasi tertinggi bagi BUMD yang tidak hanya berpatokan pada kinerja usaha ataupun sumbangan PAD ke pemerintah daerah setempat, namun yang jauh lebih penting adalah peranan, keberpihakan, dan keterlibatan BUMD agar menjadi motor pembangunan perekonomian daerah.

Sehingga bisa dikatakan, penyematan penghargaan Top BUMD 2016 bagi Bank Sulselbar itu menjadi bukti keberadaan perusahaan telah mampu memberikan manfaat yang luas bagi publik di Sulsel dan Sulbar.

Sekedar diketahui, tim dewan juri yang diketuai oleh Prof. Dr. Laode M. Kamaluddin, MSc. MEng melakukan penilaian serta seleksi dengan mengacu pada beberapa aspek strategis diantaranya manfaat bisnis BUMD hingga GCG.

Secara terperinci, fokus penilaian yang dilakukan oleh Dewan Juri, terdiri dari 2 aspek, yakni Achievement (prestasi) dan Improvement (peningkatan) yang telah dilakukan oleh BUMD, dalam 1-2 tahun terakhir, yang dikaitkan dengan semangat Nawacita dan Revolusi Mental.

Dalam skala lebih luas, dewan juri juga menilai implementasi kebijakan BUMD dalam mendukung Visi Pembangunan Nasional, yakni “Terwujudnya Indonesia yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian yang berlandaskan Gotong Royong”, serta mengaitkan dengan kebijakan implementasi Revolusi Mental.

Dengan demikian, kegiatan Top BUMD Award 2016, bisa disebut merupakan pemberian penghargaan BUMD yang paling komprehensif dan kredibel di Indonesia.

Khusus Bank Sulselbar, selain meraih Top BUMD 2016, memperoleh pula penghargaan sebagai Top BPD 2016, kemudian Top CEO 2016 untuk Direktur Utama Bank Sulselbar yang dijabat Andi Muhammad Rahmat Alimuddin.

Selain itu, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo dan Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh juga mendapatkan penghargaan untuk kategori Top Pembina BUMD 2016.

Serangkaian penghargaan tersebut mengisyaratkan perekonomian Sulsel dan Sulbar masih mengalami pertumbuhan dalam level tertinggi, di mana salah satunya merupakan manifestasi hasil kerjasama pemda dan bank daerah.

Sementara itu, tujuan dari penyelenggaraan Top BUMD Award adalah
Pertama, untuk mendorong peningkatan kinerja, daya saing, dan kontribusi BUMD dalam pembangunan perekonomian daerah, guna mendukung program Nawa Cita.

Kedua, kmudian meningkatkan “keberpihakan dan kepedulian” Kepala Daerah selaku Pemegang Saham sekaligus Pembina BUMD, agar terus mendukung peningkatan kinerja dan daya saing BUMD, untuk mempercepat pembangunan di daerah, di era kompetisi global dewasa ini.

Ketiga, memberikan apresiasi kepada BUMD, CEO BUMD, dan Pembina BUMD yang berprestasi, sehingga tercipta iklim kompetisi dalam peningkatan kinerja dan daya saing BUMD, secara berkesinambungan.

Keempat, mempublikasikan kepada masyarakat, bahwa banyak BUMD yang dikelola dengan manajemen modern dan profesional,Mempercepat pembangunan perekonomian di daerah, melalui penguatan dan pengembangan kapasitas Capacity Building manajemen BUMD.

Direktur Utama Bank Sulselbar Andi Muhammad Rahmat mengatakan sederet penghargaan dalam ajang Top BUMD Award 2016 merupakan hasil kerja seluruh jajaran karyawan dan manajemen serta dukungan penuh dari masyarakat, pelaku bisnis, mitra usaha serta pemerinta daerah se-Sulsel dan Sulbar.

Penghargaan itu, lanjutnya, bakal menjadi katalis bagi perseroan dalam mewujudkan visi  “Menjadi Bank Kebanggaan dan Pilihan Utama Membangun Kawasan Timur Indonesia”.

Di sisi lain, penghargaan dari ajang Top BUMD Award 2016 tersebut akan lebih memacu perseroan untuk lebih meningkatkan performa serta manfaat perseroan bagi perekonomian daerah. (bisnis.com)

 


 Kembali